Merawat Bumi dari Usia Dini


Merawat bumi, menjaga dan melestarikan lingkungan harus dimulai dari usia sejak dini. Hal ini disampaikan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor melalui Asisten Pemerintahan, Drs. Tony Sihombing, MIP para pembukaan acara Lomba Lingkungan Hidup Pelajar tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Humbang Hasundutan (24/8) di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul.Tony menambahkan bahwa masalah lingkungan adalah merupakan masalah nyata yang sering dihadapi oleh manusia, yang notabene juga disebabkan oleh prilaku manusia yang tidak selaras dengan alam atau lingkungan. Selaras hanya bisa dicapai jika kita memahami prinsip lingkungan yang berkelanjutan serta melaksanakan etika lingkungan.Etika lingkungan dimaksud, bumi memiliki persediaan sumber daya alam yang terbatas dan yang harus digunakan oleh semua organisme. Manusia bagian dari alam, maka manusia haruslah tunduk terhadap hukum alam. Keberhasilan manusia terletak dalam bentuk kerjasama dengan kekuatan-kekuatan alam dan ekosistem yang berfungsi baik dan sehat sangat penting bagi kehidupan manusia.

Menyikapi permasalahan lingkungan hidup, Tony Sihombing menjelaskan perlu ada sinergitas antara sekolah dan rumah sehingga ada perubahan lingkungan yang berkualitas di masa yang akan datang. Karakter peduli lingkungan dapat kita tunjukan dengan sikap dan tindakan serta selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan yang terjadi disekitar kita. “menabur kebiasaan akan menuai karekter”, ujarnyaKepada seluruh peserta lomba dan guru pendamping, Tony meminta supaya benar-benar serius mengikuti acara lomba. Dengan demikian dikemudian hari, dapat melakukan perbaikan atau pembenahan mengikuti lomba di tingkat provinsi, tetapi yang terutama sepulang dari kegiatan ini dapat merubah prilaku untuk menjaga lingkungan.Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup, Ir. Minrod Sigalingging dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti siswa SD dan SMP. Jumlah peserta terdiri dari 3 siswa dari setiap sekolah dengan melibatkan 9 sekolah setiap tingkatan. Seluruh peserta baik SD dan SMP berjumlah 54 orang.Masih dalam laporannya, adapun tujuan kegiatan ini untuk memberikan informasi dan komunikasi Lingkungan Hidup terhadap warga sekolah dalam rangka peningkatan wawasan, kesadaran dan diikuti dengan bukti nyata perubahan perilaku siswa sekolah. Meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan perilaku siswa sekolah terhadap pelestarian alam dan lingkungan hidup serta memberikan motivasi kepada siswa terhadap upaya pelestarian alam dan lingkungan hidupdengan berkampanye.

Tampil sebagai narasumber sebelum kegiatan lomba dilaksanakan, Rinsan Sihite dengan membawa topik Peduli Lingkungan Hidup dan David R. Siahaan dengan topik Lingkungan Hidup, Permasalahan dan Penanggulangannya.

Adapun kegiatan yang diperlombakan, setelah narasumber menyampaikan paparannya, siswa diajak menuangkan dalam bentuk alur/ gambar yang dilengkapi dengan narasi singkat. Kemudian akan mempersentasekan hasilnya di depan juri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Humbang Hasundutan, yaitu, Gorianna T. Purba, SPd, Andry Dolokpurba, SH, Torang Simanullang, SS dan Christina Siregar,S.Psi.

Antusiasme siswa mengikuti lomba terlihat dari tanya jawab ketika penampilan persentase dari narasumber dan kerjasama melaksanakan apa yang diperlombakan. Tampil sebagai juara untuk tingkat SD Juara I dari SD Neg. 173403 Sirisi-risi, dengan guru pendamping Nurni Purba, SPd dan siswa peserta May Sustheren Simamora, Agnes Pebriana Simamora dan Ema Putri Situmorang. Dan untuk tingkat SMP tampil sebagai juara I dari SMP Neg. 1 Pakkat, dengan guru pendamping Marsinta Nababan dengan siswa peserta Helen Siringoringo, Maria Hasugian dan Yesika Simaremare.

Para pemenang diberikan hadiah berupa piala untuk juara I, II dan III serta juara harapan I, II dan III untuk setiap tingkat. Untuk tingkat SD juara I dari Kecamatan Doloksanggul, juara II dari Kecamatan Pakkat dan juara III Kecamatan Onanganjang. Untuk tingkat SMP juara I dari Kecamatan Pakkat, juara II dari Kecamatan Sijamapolang dan juara III dari Kecamatan Tarabintang. Piala dan uang pembinaan untuk juara I, II dan III dari tingkat SD diserahkan Kabid Penataan dan Kajian Dampak Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kab. Humbahas, Efendi R. Nainggolan, ST dan untuk tingkat SMP untuk juara I, II dan III diserahkan Kadis Lingkungan Hidup Kab. Humbahas, Ir. Minrod Sigalingging.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kasatpol PP, Drs Mangupar Simanullang, Kadis Perkim, Ir. Rockyfeller Simamora, Sekdis Pora, Opzen Simamora SPd, para kabag,  camat dan guru-guru pendamping peserta. (rel/ ST/ Kominfo)